14 Juni 2017

Festival Tabot Bengkulu (day 29#Eza Avlenda#30DWC Jilid 6#Squad 2)





Provinsi Bengkulu terletak di sebelah barat pulau Sumatera. Provinsi ini dapat dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata. Bengkulu menyediakan wisata alam, sejarah,  bahari, budaya, hingga wisata kuliner. Bagi anda yang belum pernah berkunjung ke provinsi ini, saya akan menceritakan salah satu wisata budaya yang ada yakni Festival Tabot.
Festival tabot adalah kegiatan budaya tahunan yang ada di provinsi Bengkulu. Festival ini telah masuk dalam agenda tahunan wisata budaya di provinsi ini. Festival tabot diadakan setiap tanggal satu hingga sepuluh Muharam. Malam pembukaan Festival Tabot mengawali ritual Tabot, yakni peringatan kematian Hussain bin Ali bin Abi Thalib, salah seorang cucu Nabi Muhammad SAW yang wafat di Padang Karbala (Irak).  Upacara selama sepuluh hari tersebut yaitu mengumpulkan semua bagian tubuh Hussain lalu diarak dan dimakamkan di Padang Karbala. Adapun tahapan ritual tabot secara berurutan, yakni mengambil tanah, duduk penja, meradai, merajang, arak penja, arak serban, gam atau masa tenang/berkabung dan arak gedang serta tabot terbuang.
Festival Tabot dipusatkan di Lapangan Merdeka Bengkulu. Pada malam pembukaan tabot, digelar pentas semikolosal musik dan tari kontemporer yang menonjolkan musik dol. Dol adalah alat musik tabuh khas provinsi Bengkulu. Dol terbuat dari bagian bawah batang kelapa. Selama festival Tabot, Pemerintah Bengkulu juga mengadakan sejumlah perlombaan, di antaranya;
1.          Festival tari kreasi baru daerah.
2.         Pagelaran seni budaya nusantara.
3.         Lomba lagu perjuangan.
4.         Lomba ikan-ikan.
5.         Lomba rebana.
6.         Lomba musik dol.
7.         Lomba tari kreasi tabot.
8.         Lomba telong-telong.
9.         Lomba mobil hias dan masih banyak lagi lomba lainnya.
Di arena tabot juga diadakan pameran pembangunan provinsi Bengkulu. Hampir setiap instansi pemerintah daerah mengisi stand yang telah disediakan panitia festival. Pada pameran ini, ditampilkan pembangunan dan perkembangan wajah provinsi Bengkulu. Selain ritual tabot, pertunjukan seni tari dan musik, dan pameran pembangunan, juga disediakan pasar rakyat. Pasar rakyat ini menyediakan wisata kuliner, hiburan dan aneka barang dagangan.
Kegiatan festival tabot ini memiliki daya tarik tersendiri. Selain karena ritual tabot dan rangkaian pertunjukkan seninya, pusat kegiatan festival ini berada di lokasi yang strategis. Lapangan merdeka Bengkulu terletak di dekat Port Marlborough (benteng peninggalan Inggris), Tugu Thomas Parr, Tugu Pers Bengkulu dan pantai zakat. Bagi Anda yang memiliki hobi travelling, jadikan Bengkulu sebagai salah satu tujuan destinasi Anda.




Tidak ada komentar: