14 Februari 2011

CONTOH SILABUS


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

 

Silabus


 


 

Madrasah    : MTsN Karang Anyar

Mata Pelajaran     : Ilmu Pengetahuan Alam

Kelas/Semester    : VII (Tujuh)/ 1 (Satu)

Tahun Pelajaran    : 2010/2011

Standar Kompetensi     : 1. Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan menggunakan peralatan


 

Kompetensi

Dasar 

Materi

Pokok 

Kegiatan pembelajaran 

Indikator 

Penilaian 

Alokasi

Waktu 

Sumber

Belajar 

  1. Mendeskripsikan besaran pokok dan besaran turunan beserta satuannya


 

Besaran dan

satuan

  • Mencari informasi melalui kajian pustaka tentang pengertian pengukuran, besaran, dan satuan
  • Melakukan percobaan untuk memahami pengukuran
  • Merumuskan pengertian besaran pokok dan besaran turunan
  • Mencari informasi melalui kajian pustaka satuan besaran pokok dalam satuan internasional
  • Mencari informasi melalui kajian pustaka tentang satuan baku dan tidak baku
  • Mencari informasi untuk menemukan konversi satuan panjang, massa, waktu , dan volume dengan tangga konversi
  • Menjelaskan pengertian pengukuran
  • Menjelaskan pengertian besaran
  • Menjelaskan pengertian satuan
  • Mengelompokkan besaran pokok dan besaran turunan
  • Mengelompokkan satuan baku dan tidak baku
  • Mengkonversi satuan panjang, massa, waktu, dan volume
  • Tugas terstruktur
  • Tes tertulis : PG dan uraian
  • Tugas mandiri


 


 


 


 


 


 

4 x 40'

  • Mistar dan tangga konversi
  • Winarsih, A. 2008. IPA TERPADU : SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal : 1-14.
  • Sugiyarto, T dan Ismawati, E. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal : 1-10.
  • Wasis, dkk. 2008. Contextual Teaching and Learning Ilmu Pengetahuan Alam : Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah Kelas VII Edisi 4. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal : 1-11.
  • Wasis dan Irianto, S.Y. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal : 3-11.


  • Fajar, C., dkk. 2006. Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu dan Kontekstual untuk SMP/MTs Kelas VII. Surakarta : Mediatama. Hal : 1-14.

1.2 Mendeskripsikan pengertian suhu dan pengukurannya

Suhu dan pengukuran

  • Mencari informasi melalui kajian pustaka mengenai pengertian suhu
  • Mencari informasi melalui kajian pustaka tentang sifat termometrik pada alat ukur suhu
  • Mencari informasi melalui kajian pustaka mengenai jenis-jenis termometer
  • Mencari informasi tentang kelebihan dan kekurangan alkohol sebagai zat termometrik
  • Mencari informasi tentang kelebihan dan kekurangan raksa sebagai zat termometrik
  • Mencari informasi mengenai termometer Celsius, Fahrenheit, Reamur, dan Kelvin
  • Melakukan perbandingan untuk menentukan kesetaraan antara termometer Celsius, Fahrenheit, Reamur, dan Kelvin
  • Menjelaskan pengertian suhu
  • Menjelaskan sifat termometrik pada alat ukur suhu
  • Menyebutkan jenis-jenis termometer
  • Membandingkan kelebihan alkohol sebagai zat termometrik
  • Membandingkan kekurangan alkohol dan raksa sebagai zat termometrik
  • Membandingkan skala termometer Celsius dengan termometer Fahrenheit, Reamur, dan Kelvin
  • Tugas terstruktur
  • Tes tertulis : PG

4 x 40'

  • Winarsih, A. 2008. IPA TERPADU : SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal : 21-25.
  • Sugiyarto, T dan Ismawati, E. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal : 10-17.
  • Wasis, dkk. 2008. Contextual Teaching and Learning Ilmu Pengetahuan Alam : Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah Kelas VII Edisi 4. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal : 16-18.
  • Wasis dan Irianto, S.Y. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal : 14-23.

  1. Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari

Pengukuran

  • Melakukan pengukuran dengan menggunakan mistar dan jangka sorong untuk mengukur besaran panjang berbagai macam benda
  • Melakukan pengukuran dengan menggunakan neraca untuk mengukur besaran massa
  • Melakukan pengukuran luas dan volume untuk benda yang bentuknya teratur
  • Melakukan pengukuran volume untuk benda yang bentuknya tidak teratur
  • Melakukan pengukuran suhu
  • Mengukur besaran panjang menggunakan mistar, jangka sorong dan mikrometer skrup
  • Mengukur besaran massa menggunakan neraca
  • Merumuskan luas dan volume benda-benda yang bentuknya teratur
  • Menentukan volume batu dengan menggunakan gelas ukur atau gelas berpancuran
  • Menggunakan alat ukur suhu
  • Tes tertulis : PG
  • Tes unjuk kerja : Uji petik kerja prosedur

4 x 40'

  • Mistar, jangka sorong, stopwatch, gelas ukur, gelas berpancuran, termometer, dan neraca
  • Winarsih, A. 2008. IPA TERPADU : SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal :
  • Sugiyarto, T dan Ismawati, E. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal : 17-26.
  • Wasis, dkk. 2008. Contextual Teaching and Learning Ilmu Pengetahuan Alam : Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah Kelas VII Edisi 4. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal : 12-15.
  • Wasis dan Irianto, S.Y. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
    Hal : 12-14.

  • Fajar, C., dkk. 2006. Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu dan Kontekstual untuk SMP/MTs Kelas VII. Surakarta : Mediatama. Hal : 7-13.


 

Mengetahui                                                        Arga Makmur, 12 Juli 2010

Ka.MTsN Karang Anyar                                                Guru Mata Pelajaran IPA


 


 

Drs. Hirwandi, M.Pd.                                                    Eza Avlenda, S.Pd., M.Si.

NIP. 19641105 199402 1 001                                                NIP. 19790406 200312 2 002


 

Silabus


 

Madrasah    : MTsN Karang Anyar

Mata Pelajaran     : Ilmu Pengetahuan Alam

Kelas/Semester    : VII (Tujuh)/ 1 (Satu)

Tahun Pelajaran    : 2010/2011

Standar Kompetensi : 2. Memahami klasifikasi zat


 


 


 

Kompetensi

Dasar 

Materi

Pokok 

Kegiatan pembelajaran 

Indikator 

Penilaian 

Alokasi

Waktu 

Sumber

Belajar 

  1. Mengelompokkan sifat larutan asam, larutan basa, dan larutan garam melalui alat dan indikator yang tepat

Asam, basa, dan garam 

  • Mencari informasi melalui kajian pustaka mengenai pengertian larutan asam, basa dan garam
    • Mengidentifikasi sifat asam, basa, dan garam dengan menggunakan indikator yang sesuai
    • Mengelompokkan zat-zat di lingkungan sekitar berdasarkan konsep asam, basa, dan garam
    • Menggunakan alat sederhana untuk menentukan skala keasaman dan kebasaan
  • Membedakan sifat asam, basa, dan garam
  • Menentukan ciri-ciri zat yang bersifat asam, basa, dan garam
  • Mengelompokkan bahan-bahan di lingkungan sekitar berdasarkan konsep asam, basa, dan garam
  • Menggunakan alat sederhana untuk menentukan skala keasaman dan kebasaan
  • Tes tertulis : PG


 


 

4 x 40'

  • pH indikator, bahan-bahan di lingkungan sekitar
  • Winarsih, A. 2008. IPA TERPADU : SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal : 31-33.
  • Sugiyarto, T dan Ismawati, E. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal : 35-40.
  • Wasis, dkk. 2008. Contextual Teaching and Learning Ilmu Pengetahuan Alam : Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah Kelas VII Edisi 4. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal :43-49
  • Wasis dan Irianto, S.Y. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal : 29-31.

  • Fajar, C., dkk. 2006. Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu dan Kontekstual untuk SMP/MTs Kelas VII. Surakarta : Mediatama. Hal : 17-23.
  1. Melakukan percobaan sederhana dengan bahan-bahan yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari

Sifat asam dan basa pada bahan makanan 

  • Membuat indikator alami
  • Melakukan percobaan untuk mengetahui sifat asam, basa di laboratorium dan alam, misalnya dengan menggunakan indikator alami bunga kembang sepatu


 

  • Membuat indikator alami
    • Mengelompokkan bahan-bahan di lingkungan berdasarkan sifat asam, basa dan garam dengan menggunakan indikator alami
  • Tes tertulis : PG


 


 


 

  • Tes unjuk kerja : Uji petik kerja prosedur dan produk

2 x 40'

  • Winarsih, A. 2008. IPA TERPADU : SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal : 40-48
  • Sugiyarto, T dan Ismawati, E. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal : 40-43.
  • Wasis, dkk. 2008. Contextual Teaching and Learning Ilmu Pengetahuan Alam : Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah Kelas VII Edisi 4. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal :50-56
  • Wasis dan Irianto, S.Y. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal : 32-37.
  • Fajar, C., dkk. 2006. Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu dan Kontekstual untuk SMP/MTs Kelas VII. Surakarta : Mediatama. Hal : 23-27.
  1. Menjelaskan nama unsur dan rumus kimia sederhana


 


 

Unsur kimia 

  • Mencari informasi melalui kajian pustaka mengenai pengertian unsur
  • Mengidentifikasi lambang unsur serta aturan

    penulisannya

  • Mencari informasi nama dan lambang unsur serta menuliskan rumus kimianya
  • Mengenal tabel sistem periodik unsur
  • Mencari informasi nama senyawa dan menuliskan rumus kimianya
  • Menjelaskan aturan penulisan lambang unsur
  • Menuliskan nama dan lambang unsur
  • Menuliskan nama dan rumus kimia sederhana
  • Menentukan nama senyawa dan rumus kimia sederhana
  • Tugas mandiri
  • Tes tertulis : PG


 


 

4 x 40'

  • Tabel sistem periodik unsur dan molymod
  • Winarsih, A. 2008. IPA TERPADU : SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal :
  • Sugiyarto, T dan Ismawati, E. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal : 49-59.
  • Wasis, dkk. 2008. Contextual Teaching and Learning Ilmu Pengetahuan Alam : Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah Kelas VII Edisi 4. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal :
  • Wasis dan Irianto, S.Y. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal :

  • Fajar, C., dkk. 2006. Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu dan Kontekstual untuk SMP/MTs Kelas VII. Surakarta : Mediatama. Hal : 31-42.

2.4 Membandingkan sifat unsur, senyawa, dan campuran


 


 


 


 

Unsur, senyawa, dan campuran


 


 

  • Mencari informasi melalui kajian pustaka mengenai pengertian senyawa dan campuran
  • Mengidentifikasi sifat unsur, senyawa, dan campuran
  • Mengklasifikasikan materi secara sederhana
  • Mengidentifikasi campuran homogen dan campuran heterogen
  • Membandingkan sifat unsur, senyawa, dan campuran
  • Mengklasifikasikan materi secara sederhana
  • Mengelompokkan zat-zat ke dalam campuran homogen dan heterogen dalam kehidupan sehari-hari
  • Tugas terstruktur
  • Tes tertulis : PG


 

4 x 40'

  • Tabel sistem periodik unsur dan molymod
  • Winarsih, A. 2008. IPA TERPADU : SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal :
  • Sugiyarto, T dan Ismawati, E. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal : 49-59.
  • Wasis, dkk. 2008. Contextual Teaching and Learning Ilmu Pengetahuan Alam : Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah Kelas VII Edisi 4. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal :
  • Wasis dan Irianto, S.Y. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal :

  • Fajar, C., dkk. 2006. Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu dan Kontekstual untuk SMP/MTs Kelas VII. Surakarta : Mediatama. Hal : 31-42.


 


 

Mengetahui                                                        Arga Makmur, 2 Agustus 2010

Ka.MTsN Karang Anyar                                                Guru Mata Pelajaran IPA


 


 

Drs. Hirwandi, M.Pd.                                                    Eza Avlenda, S.Pd., M.Si.

NIP. 19641105 199402 1 001                                                NIP. 19790406 200312 2 002


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

Silabus


 

Madrasah    : MTsN Karang Anyar

Mata Pelajaran     : Ilmu Pengetahuan Alam

Kelas/Semester    : VII (Tujuh)/ 1 (Satu)

Tahun Pelajaran    : 2010/2011

Standar Kompetensi     : 3. Memahami wujud zat dan perubahannya


 


 

Kompetensi

Dasar 

Materi

Pokok 

Kegiatan pembelajaran 

Indikator 

Penilaian 

Alokasi

Waktu 

Sumber

Belajar 

  1. Menyelidiki sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari


 


 

Wujud zat

  • Mencari informasi melalui kajian pustaka mengenai pengertian zat
  • Mengklasifikasikan berbagai macam benda berdasarkan wujudnya
  • Mendiskusikan sifat-sifat partikel penyusun zat padat, cair, dan gas
  • Mencari informasi melalui kajian pustaka mengenai perbedaan kohesi dan adhesi
  • Mengamati gejala meniskus melalui pengamatan
  • Mendiskusikan gejala kapilaritas dalam kehidupan sehari-hari
  • Melakukan percobaan tegangan permukaan


 

  • Menjelaskan pengertian zat
  • Menyebutkan berbagai wujud benda
  • Menyebutkan sifat-sifat partikel penyusun zat padat, cair, dan gas
  • Membedakan kohesi dan adhesi
  • Membedakan gejala meniskus cembung dan cekung
  • Menjelaskan pengertian kapilaritas
  • Memberikan contoh peristiwa kapilaritas dalam kehidupan sehari-hari
  • Memberikan contoh peristiwa peristiwa tegangan permukaan
  • Tes tertulis : PG
  • Tes unjuk kerja


 

4 x 40'

  • Air, balok aluminium, pipa kapiler
  • Winarsih, A. 2008. IPA TERPADU : SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
  • Sugiyarto, T dan Ismawati, E. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
  • Wasis, dkk. 2008. Contextual Teaching and Learning Ilmu Pengetahuan Alam : Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah Kelas VII Edisi 4. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
  • Wasis dan Irianto, S.Y. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

  • Fajar, C., dkk. 2006. Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu dan Kontekstual untuk SMP/MTs Kelas VII. Surakarta : Mediatama
  1. Mendeskripsikan konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-hari

Massa jenis

  • Mencari informasi melalui kajian pustaka tentang pengertian massa jenis
  • Menghitung massa jenis suatu zat menggunakan persamaan massa jenis
  • Melakukan percobaan untuk menentukan massa jenis zat padat yang bentuknya teratur
  • Melakukan percobaan untuk menentukan massa jenis benda padat yang bentuknya tidak beraturan dengan menggunakan gelas ukur
  • Mendiskusikan aplikasi konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-hari
  • Menjelaskan pengertian massa jenis
  • Menghitung massa jenis suatu zat dengan menggunakan persamaan massa jenis
  • Menghitung massa jenis benda yang bentuknya teratur dan tidak teratur
  • Menyebutkan contoh manfaat konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-hari
  • Tes tertulis : PG
  • Tes unjuk kerja


 

4 x 40'

  • Gelas ukur, gelas berpancuran, balok aluminium, beberapa macam zat cair
  • Winarsih, A. 2008. IPA TERPADU : SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
  • Sugiyarto, T dan Ismawati, E. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
  • Wasis, dkk. 2008. Contextual Teaching and Learning Ilmu Pengetahuan Alam : Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah Kelas VII Edisi 4. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
  • Wasis dan Irianto, S.Y. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

  • Fajar, C., dkk. 2006. Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu dan Kontekstual untuk SMP/MTs Kelas VII. Surakarta : Mediatama
  1. Melakukan percobaan yang berkaitan dengan pemuaian dalam kehidupan sehari-hari

Pemuaian zat

  • Mencari informasi tentang pemuaian zat
  • Mencari informasi tentang pemuaian panjang, pemuaian luas dan pemuaian volume
  • Menghitung pemuaian panjang suatu zat menggunakan persamaan muai panjang
  • Menghitung pemuaian luas suatu zat menggunakan persamaan muai luas
  • Menghitung pemuaian volume suatu zat menggunakan persamaan muai volume
  • Melakukan percobaan pemuaian zat cair
  • Mendiskusikan tentang anomali air
  • Mendiskusikan aplikasi pemuaian dalam kehidupan sehari-hari
  • Menjelaskan pengertian pemuaian
  • Menghitung pertambahan panjang suatu zat
  • Menghitung pertambahan luas suatu zat
  • Menghitung pertambahan volume suatu zat
  • Menjelaskan tentang anomali air
  • Memberikan contoh penerapan pemuaian dalam kehidupan sehari-hari
  • Tugas terstruktur
  • Tes tertulis : PG

6 x 40'

  • Air, gelas kimia, pembakar spiritus, kasa, kaki segitiga
  • Winarsih, A. 2008. IPA TERPADU : SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
  • Sugiyarto, T dan Ismawati, E. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
  • Wasis, dkk. 2008. Contextual Teaching and Learning Ilmu Pengetahuan Alam : Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah Kelas VII Edisi 4. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
  • Wasis dan Irianto, S.Y. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

  • Fajar, C., dkk. 2006. Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu dan Kontekstual untuk SMP/MTs Kelas VII. Surakarta : Mediatama
  1. Mendeskripsikan peran kalor dalam mengubah wujud zat dan suhu suatu benda serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

Kalor

  • Mencari informasi tentang pengertian kalor
  • Menghitung besarnya kalor yang dilepas/diserap menggunakan persamaan
  • Menghitung besarnya kapasitas kalor menggunakan persamaan Q = m.c.∆t
  • Mencari informasi tentang faktor-faktor yang dapat mempercepat penguapan
  • Menghitung kalor yang dibutuhkan pada saat mendidih menggunakan persamaan Q = m.U
  • Menghitung kalor yang dibutuhkan pada saat melebur menggunakan persamaan Q = m.L
  • Mencari informasi tentang peristiwa perubahan wujud zat
  • Melakukan kajian pustaka dan pengamatan perpindahan kalor secara konduksi
  • Melakukan kajian pustaka dan pengamatan perpindahan kalor secara konveksi
  • Melakukan kajian pustaka dan pengamatan perpindahan kalor secara radiasi
  • Mengkaji mengenai aplikasi konsep perpindahan kalor
  • Menjelaskan faktor yang mempengaruhi banyaknya kalor yang dibutuhkan
  • Menerapkan persamaan kalor untuk menyelesaikan hitungan sederhana
    • Menghitung kapasitas kalor
    • Menyebutkan faktor-faktor yang dapat mempercepat penguapan
    • Menghitung kalor yang diperlukan pada saat mendidih
    • Menghitung kalor yang diperlukan pada saat melebur
    • Menjelaskan perubahan wujud zat
    • Menjelaskan pengertian konduksi
    • Menjelaskan pengertian konveksi
    • Menjelaskan pengertian radiasi
    • Memberikan contoh perpindahan kalor pada kehidupan sehari-hari
  • Tes tertulis : PG
  • Tes unjuk kerja


 

6 x 40'

  • Pembakar spiritus, gelas kimia, kasa, kaki tiga, es, air
  • Winarsih, A. 2008. IPA TERPADU : SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
  • Sugiyarto, T dan Ismawati, E. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
  • Wasis, dkk. 2008. Contextual Teaching and Learning Ilmu Pengetahuan Alam : Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah Kelas VII Edisi 4. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
  • Wasis dan Irianto, S.Y. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

  • Fajar, C., dkk. 2006. Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu dan Kontekstual untuk SMP/MTs Kelas VII. Surakarta : Mediatama


 


 

Mengetahui                                                        Arga Makmur, 27 September 2010

Ka.MTsN Karang Anyar                                                Guru Mata Pelajaran IPA


 


 

Drs. Hirwandi, M.Pd.                                                    Eza Avlenda, S.Pd., M.Si.

NIP. 19641105 199402 1 001                                                NIP. 19790406 200312 2 002


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

Silabus


 

Madrasah    : MTsN Karang Anyar

Mata Pelajaran     : Ilmu Pengetahuan Alam

Kelas/Semester    : VII (Tujuh)/ 1 (Satu)

Tahun Pelajaran    : 2010/2011

Standar Kompetensi      : 4. Memahami berbagai sifat dalam perubahan fisika dan kimia


 


 

Kompetensi

Dasar 

Materi

Pokok 

Kegiatan pembelajaran 

Indikator 

Penilaian 

Alokasi

Waktu 

Sumber

Belajar 

  1. Membandingkan sifat fisika dan sifat kimia zat

Sifat fisika dan sifat kimia 

  • Mencari informasi tentang sifat fisika zat
  • Mencari informasi tentang sifat kimia zat
  • Menjelaskan sifat fisika zat
  • Menjelaskan sifat kimia zat
  • Tes tertulis : PG


 

2 x 40'

  • Winarsih, A. 2008. IPA TERPADU : SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
  • Sugiyarto, T dan Ismawati, E. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
  • Wasis, dkk. 2008. Contextual Teaching and Learning Ilmu Pengetahuan Alam : Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah Kelas VII Edisi 4. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
  • Wasis dan Irianto, S.Y. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

  • Fajar, C., dkk. 2006. Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu dan Kontekstual untuk SMP/MTs Kelas VII. Surakarta : Mediatama
  1. Melakukan pemisahan campuran dengan berbagai cara berdasarkan sifat fisika dan sifat kimia

Pemisahan campuran 

  • Mencari informasi tentang pemisahan campuran berdasarkan ukuran partikel dan titik didih
  • Mengamati percobaan tentang penjernihan air
  • Melakukan percobaan dan mengidentifikasi hasil percobaan tentang pemisahan campuran
  • Mendiskusikan contoh pemisahan campuran dalam kehidupan sehari-hari
  • Menjelaskan dasar pemisahan campuran berdasarkan ukuran partikel dan titik didih
  • Melakukan percobaan penjernihan air dengan teknik sederhana
  • Memberikan contoh pemisahan campuran dalam kehidupan sehari-hari
  • Tes tertulis : PG
  • Tes unjuk kerja : Uji petik kerja prosedur dan produk

4 x 40'

  • Pasir, air, saringan, kertas saring, corong, gelas kimia
  • Winarsih, A. 2008. IPA TERPADU : SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
  • Sugiyarto, T dan Ismawati, E. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
  • Wasis, dkk. 2008. Contextual Teaching and Learning Ilmu Pengetahuan Alam : Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah Kelas VII Edisi 4. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
  • Wasis dan Irianto, S.Y. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

  • Fajar, C., dkk. 2006. Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu dan Kontekstual untuk SMP/MTs Kelas VII. Surakarta : Mediatama
  1. Menyimpulkan perubahan fisika dan kimia berdasarkan hasil percobaan sederhana


 

Perubahan fisika dan perubahan kimia

  • Melakukan percobaan dan merumuskan kesimpulan hasil percobaan perubahan fisika
  • Melakukan percobaan dan merumuskan kesimpulan hasil percobaan perubahan kimia
  • Mengidentifikasi peristiwa perubahan fisika dan perubahan kimia dalam kehidupan sehari-hari
  • Menjelaskan perbedaan perubahan fisika dan perubahan kimia berdasarkan hasil percobaan
  • Memberikan contoh peristiwa perubahan fisika dalam kehidupan sehari-hari
  • Memberikan contoh peristiwa perubahan kimia dalam kehidupan sehari-hari
  • Tugas terstruktur
  • Tes tertulis : PG

2 x 40'

  • Lilin, kertas, es, gelas kimia, pembakar spiritus
  • Winarsih, A. 2008. IPA TERPADU : SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
  • Sugiyarto, T dan Ismawati, E. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
  • Wasis, dkk. 2008. Contextual Teaching and Learning Ilmu Pengetahuan Alam : Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah Kelas VII Edisi 4. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
  • Wasis dan Irianto, S.Y. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

  • Fajar, C., dkk. 2006. Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu dan Kontekstual untuk SMP/MTs Kelas VII. Surakarta : Mediatama

4.4 Mengindentifikasi terjadinya reaksi kimia melalui percobaan sederhana


 

Reaksi kimia


 


 

  • Mencari informasi mengenai pengertian reaksi kimia
  • Mendiskusikan tentang persamaan reaksi kimia
  • Mendiskusikan tentang ciri-ciri reaksi kimia
  • Mendiskusikan faktor-faktor yang memengaruhi laju reaksi kimia
  • Mendiskusikan jenis-jenis reaksi kimia
  • Melakukan percobaan tentang reaksi kimia
  • Mendiskusikan hasil kesimpulan tentang reaksi kimia
  • Menjelaskan ciri-ciri terjadinya reaksi kimia berdasarkan hasil percobaan
    • Menyetarakan reaksi kimia
    • Menyebutkan jenis-jenis reaksi kimia
    • Menyebutkan contoh-contoh reaksi kimia
  • Tes tertulis : PG
  • Tes unjuk kerja


 

4 x 40'


 


 


 


 

  • Winarsih, A. 2008. IPA TERPADU : SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
  • Sugiyarto, T dan Ismawati, E. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
  • Wasis, dkk. 2008. Contextual Teaching and Learning Ilmu Pengetahuan Alam : Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah Kelas VII Edisi 4. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
  • Wasis dan Irianto, S.Y. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

  • Fajar, C., dkk. 2006. Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu dan Kontekstual untuk SMP/MTs Kelas VII. Surakarta : Mediatama


 


 

Mengetahui                                                        Arga Makmur, 8 November 2010

Ka.MTsN Karang Anyar                                                Guru Mata Pelajaran IPA


 


 

Dedi Harlian, S.Pd.                                                    Eza Avlenda, S.Pd., M.Si.

NIP. 19720317 200212 1 002                                                NIP. 19790406 200312 2 002


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

Silabus


 

Madrasah    : MTsN Karang Anyar

Mata Pelajaran     : Ilmu Pengetahuan Alam

Kelas/Semester    : VII (Tujuh)/ 2 (Dua)

Tahun Pelajaran    : 2010/2011

Standar Kompetensi     : 5. Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan


 


 

Kompetensi

Dasar 

Materi

Pokok 

Kegiatan pembelajaran 

Indikator 

Penilaian

Alokasi

Waktu 

Sumber

Belajar 

5.1 Melaksanakan pengamatan objek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam biotik dan abiotik

Gejala Alam Biotik dan Abiotik 

  • Melakukan pengamatan gejala alam kebendaan pada objek biotik di lingkungan sekitar
  • Merumuskan gejala alam kebendaan pada objek biotik
  • Melakukan pengamatan gejala alam berbentuk kebendaan pada objek abiotik di lingkungan sekitar
  • Melakukan pengamatan gejala kejadian pada objek biotik di lingkungan sekitar
  • Mengawetkan objek biotik
  • Melakukan pengamatan gejala kejadian pada objek abiotik di lingkungan sekitar
  • Membandingkan 3 gejala alam kebendaan dan kejadian pada objek abiotik
  • Membandingkan gejala alam kebendaan dan kejadian pada objek biotik
  • Menjelaskan 2 cara mengawetkan objek biotik


 

  • Tugas mandiri
  • Tes tertulis : PG

6 x 40' 

  • Winarsih, A. 2008. IPA TERPADU : SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
  • Sugiyarto, T dan Ismawati, E. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
  • Wasis, dkk. 2008. Contextual Teaching and Learning Ilmu Pengetahuan Alam : Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah Kelas VII Edisi 4. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
  • Wasis dan Irianto, S.Y. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

  • Fajar, C., dkk. 2006. Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu dan Kontekstual untuk SMP/MTs Kelas VII. Surakarta : Mediatama

5.2 Menganalisis data percobaan gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

Gerak Lurus 

  • Menggali informasi melalui studi pustaka tentang gerak
  • Mendiskusikan macam-macam gerak
  • Menggali informasi tentang kecepatan
  • Melakukan percobaan gerak lurus beraturan
  • Melakukan percobaan tentang gerak lurus berubah beraturan


     

  • Mengapllikasikan GLB dan GLBB dalam kehidupan sehari-hari
  • Mencari informasi melalui referensi tentang konsep percepatan
  • Menghitung kecepatan, jika diketahui waktu dan jarak yang ditempuh
  • Menunjukkan 3 konsep GLB dalam kehidupan sehari-hari
  • Menunjukkan 3 konsep GLBB dalam kehidupan sehari-hari
  • Tugas terstruktur
  • Tes tertulis : PG


 

8 x 40' 

  • Winarsih, A. 2008. IPA TERPADU : SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
  • Sugiyarto, T dan Ismawati, E. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
  • Wasis, dkk. 2008. Contextual Teaching and Learning Ilmu Pengetahuan Alam : Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah Kelas VII Edisi 4. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
  • Wasis dan Irianto, S.Y. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

  • Fajar, C., dkk. 2006. Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu dan Kontekstual untuk SMP/MTs Kelas VII. Surakarta : Mediatama

5.3 Menggunakan mikroskop dan peralatan pendukung lainnya untuk mengamati gejala-gejala kehidupan

Penggunaan Mikroskop 

  • Menggali informasi mengenai mikroskop
  • Mengidentifikasi bagian-bagian mikroskop beserta fungsinya
    • Mendiskusikan macam-macam mikroskop
    • Menggunakan mikroskop dengan benar
  • Mengamati preparat jadi dengan menggunakan mikroskop
    • Membuat preparat basah


 

  • Menunjukkan 10 bagian-bagian mikroskop
  • Menjelaskan fungsi 10 bagian-bagian mikroskop
  • Menggunakan mikroskop dengan benar (mengatur fokus, pencahayaan, menemukan objec Mikropis)
  • Tes tertulis : PG
  • Tes unjuk kerja : Uji petik kerja prosedur dan produk

6 x 40' 

  • Mikroskop, kaca preparat, cover glass
  • Winarsih, A. 2008. IPA TERPADU : SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
  • Sugiyarto, T dan Ismawati, E. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
  • Wasis, dkk. 2008. Contextual Teaching and Learning Ilmu Pengetahuan Alam : Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah Kelas VII Edisi 4. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
  • Wasis dan Irianto, S.Y. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

  • Fajar, C., dkk. 2006. Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu dan Kontekstual untuk SMP/MTs Kelas VII. Surakarta : Mediatama

5.4 Menerapkan keselamatan kerja dalam melakukan pengamatan gejala-gejala alam

Keselamatan Kerja di Laboratorium

  • Mencari informasi melalui studi pustaka tentang keselamatan kerja di laboratorium
  • Mencari informasi melalui Studi pustaka tentang pemeliharaan, penyimpanan dan penggunaan bahan kimia
  • Mengindentifikasi simbol-simbol bahan kimia dalam Laboratorium
  • Mendeskripsikan bahan-bahan yang berbahaya dan yang dapat menimbulkan penyakit
  • Mendiskusikan tentang penanganan neraca
  • Mendiskusikan tentang penanganan mikroskop dan alat optik lainnya
  • Mendiskusikan jenis bahaya akibat kerja di laboratorium
  • Menjelaskan prosedur yang benar cara memegang, membawa dan memperlakukan alat dan bahan secara aman
  • Menyebutkan 3 bahan yang berbahaya yang ditemukan di laboratorium
  • Menjelaskan arti 5 simbol bahan kimia yang ditemukan di laboratorium
  • Tugas terstruktur
  • Tes tertulis : PG

6 x 40 ' 

  • Winarsih, A. 2008. IPA TERPADU : SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
  • Sugiyarto, T dan Ismawati, E. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
  • Wasis, dkk. 2008. Contextual Teaching and Learning Ilmu Pengetahuan Alam : Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah Kelas VII Edisi 4. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
  • Wasis dan Irianto, S.Y. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

  • Fajar, C., dkk. 2006. Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu dan Kontekstual untuk SMP/MTs Kelas VII. Surakarta : Mediatama


 


 

Mengetahui                                                        Arga Makmur, 10 Januari 2011

Ka.MTsN Karang Anyar                                                Guru Mata Pelajaran IPA


 


 

Dedi Harlian, S.Pd.                                                    Eza Avlenda, S.Pd., M.Si.

NIP. 19720317 200212 1 002                                                NIP. 19790406 200312 2 002


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

Silabus


 

Madrasah    : MTsN Karang Anyar

Mata Pelajaran     : Ilmu Pengetahuan Alam

Kelas/Semester    : VII (Tujuh)/ 2 (Dua)

Tahun Pelajaran    : 2010/2011

Standar Kompetensi      : 6. Memahami keanekaragaman makhluk hidup


 


 

Kompetensi

Dasar 

Materi

Pokok 

Kegiatan pembelajaran 

Indikator 

Penilaian

Alokasi

Waktu 

Sumber

Belajar 

6.1 Mengindentifikasi ciri-ciri makhluk hidup

Ciri-ciri Makhluk Hidup 

  • Mengamati ciri-ciri makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitar
  • Merumuskan karakteristik /ke khasan ciri makhluk hidup yang telah diamati
  • Mengamati perbedaan ciri tumbuhan, hewan dan manusia
  • Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
  • Membuat laporan ciri-ciri makhluk hidup berdasarkan hasil observasi
  • Menjelaskan 5 ciri-ciri mahluk hidup
  • Menyebutkan 3 karakteristik ciri makhluk hidup
  • Menyebutkan 3 perbedaan ciri tumbuhan dan hewan
  • Tes tertulis : PG

4 x 40'

  • Winarsih, A. 2008. IPA TERPADU : SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
  • Sugiyarto, T dan Ismawati, E. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
  • Wasis, dkk. 2008. Contextual Teaching and Learning Ilmu Pengetahuan Alam : Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah Kelas VII Edisi 4. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
  • Wasis dan Irianto, S.Y. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

  • Fajar, C., dkk. 2006. Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu dan Kontekstual untuk SMP/MTs Kelas VII. Surakarta : Mediatama

6.2 Mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki

Klasifikasi Makhluk Hidup 

  • Mengidentifikasi ciri-ciri khusus yang dimiliki organisme
  • Mengelompokkan organisme yang memliki persamaan ciri dalam satu kelompok tertentu
  • Mencari informasi melalui studi pustaka tentang dasar-dasar klasifikasi makhluk hidup
  • Melakukan klasifikasi makhluk hidup berdasar ciri yang dimiliki dengan menggunakan kunci dikotomi
  • Menjelaskan pentingnya dilakukan klasifikasi makhluk hidup
  • Membuat perbandingan ciri-ciri khusus tiap kingdom dalam sistem 5 kingdom
  • Mengklasifikasi 3 jenis mahluk hidup di sekitar berdasarkan ciri-ciri yang diamati
  • Tugas terstruktur
  • Tes tertulis : PG

8 X 40'

  • Winarsih, A. 2008. IPA TERPADU : SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
  • Sugiyarto, T dan Ismawati, E. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
  • Wasis, dkk. 2008. Contextual Teaching and Learning Ilmu Pengetahuan Alam : Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah Kelas VII Edisi 4. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
  • Wasis dan Irianto, S.Y. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

  • Fajar, C., dkk. 2006. Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu dan Kontekstual untuk SMP/MTs Kelas VII. Surakarta : Mediatama

6.3 Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme 

Organisasi Kehidupan 

  • Mencari informasi melalui referensi tentang konsep sel, jaringan, organ dan sistem organ
  • Melakukan pengamatan sel dan jaringan dengan menggunakan mikroskop
  • Mendeskripsikan keragaman tingkat sel berdasarkan hasil pengamatan menggunakan mikroskop
  • Mendeskripsikan keragaman tingkat organ dan sistem organ berdasarkan hasil pengamatan
  • Melakukan identifikasi organ-organ pada manusia, hewan dan tumbuhan
  • Mengkaitkan hubungan antara sel, jaringan, organ dan sistem organ penyusun tubuh
  • Menyebutkan 5 perbedaan sel tumbuhan dan hewan
  • Menyebutkan 5 contoh jaringan pada tumbuhan
  • Menyebutkan 5 contoh jaringan pada hewan
  • Menjelaskan hubungan antara sel, jaringan, organ dan sistem organ penyusun tubuh
  • Tugas terstruktur
  • Tugas mandiri
  • Tes tertulis : PG


 

6 X 40'

  • Mikroskop, kaca preparat, cover glass
  • Winarsih, A. 2008. IPA TERPADU : SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal : 271-288.
  • Sugiyarto, T dan Ismawati, E. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal : 220-225.
  • Wasis, dkk. 2008. Contextual Teaching and Learning Ilmu Pengetahuan Alam : Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah Kelas VII Edisi 4. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal : 214-225.
  • Wasis dan Irianto, S.Y. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal : 204-212.

  • Fajar, C., dkk. 2006. Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu dan Kontekstual untuk SMP/MTs Kelas VII. Surakarta : Mediatama. Hal : 199-204.


 


 

Mengetahui                                                        Arga Makmur, 21 Februari 2011

Ka.MTsN Karang Anyar                                                Guru Mata Pelajaran IPA


 


 

Dedi Harlian, S.Pd.                                                    Eza Avlenda, S.Pd., M.Si.

NIP. 19720317 200212 1 002                                                NIP. 19790406 200312 2 002


 


 


 

Silabus


 

Madrasah    : MTsN Karang Anyar

Mata Pelajaran     : Ilmu Pengetahuan Alam

Kelas/Semester    : VII (Tujuh)/ 2 (Dua)

Tahun Pelajaran    : 2010/2011

Standar Kompetensi      : 7. Memahami saling ketergantungan dalam ekositem


 


 

Kompetensi

Dasar 

Materi

Pokok/

Pembelajaran 

Kegiatan pembelajaran 

Indikator 

Penilaian

Alokasi

Waktu 

Sumber

Belajar 

7.1 Menentukan ekosistem dan saling hubungan antara komponen ekosistem

Ekosistem 

  • Melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitar sebagai satuan ekosistem
  • Mengindentifikasikan satuan-satuan dalam ekosistem dan menyatakan matahari merupakan sumber energi utama
  • Mendiskusikan rumus untuk menghitung kepadatan populasi makhluk hidup
  • Menggali informasi tentang komponen suatu satuan ekosistem yang spesifik (ekosistem sawah, ekosistem kolam)
  • Membuat beberapa model diagram rantai makanan dan jaring-jaring makanan
  • Mendiskusikan tingkat trofik pada rantai makanan dan jaring-jaring makanan
  • Mendiskusikan tentang jenis-jenis pola interaksi pada makhluk hidup
  • Mendiskusikan tentang keseimbangan ekosistem
  • Menjelaskan 2 komponen penyusun ekosistem beserta contohnya
  • Menjelaskan 5 satuan dalam ekosistem
  • Menghitung kepadatan populasi
  • Menjelaskan perbedaan piramida makanan dan piramida energi
  • Membuat contoh rantai makanan pada ekosistem sawah
  • Membuat contoh jaring-jaring kehidupan pada ekosistem kolam
  • Menentukan tingkatan trofik pada rantai makanan atau jaring-jaring makanan
  • Menyebutkan contoh pola interaksi makhluk hidup
  • Menjelaskan apa yang dimaksud dengan keseimbangan ekosistem
  • Tes tertulis : PG

6 x 40'

  • Winarsih, A. 2008. IPA TERPADU : SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal : 291-305.
  • Sugiyarto, T dan Ismawati, E. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal : 233-241.
  • Wasis, dkk. 2008. Contextual Teaching and Learning Ilmu Pengetahuan Alam : Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah Kelas VII Edisi 4. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal : 244-270.
  • Wasis dan Irianto, S.Y. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal : 215-228.

  • Fajar, C., dkk. 2006. Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu dan Kontekstual untuk SMP/MTs Kelas VII. Surakarta : Mediatama. Hal : 207-212.

7.2 Mengindentifikasi kan pentingnya keanekaragaman makhluk hidup dalam pelestarian ekosistem

Pentingnya Keanekaragaman Makhluk Hidup  

  • Mencari informasi melalui studi pustaka untuk mengetahui keanekaragaman makhluk hidup Indonesia
  • Mendiskusikan faktor-faktor yang mempengaruhi keanekaragaman hayati
  • Mendiskusikan pentingnya membudidayakan flora dan fauna langka
  • Mendiskusikan usaha-usaha untuk melindungi keanekaragaman hayati
  • Mengumpulkan tulisan-tulisan yang terkait dengan jenis, bentuk, dan manfaat tumbuhan, hewan langka yang dilindungi
  • Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi keanekaragaman hayati
  • Menyebutkan 3 contoh makhluk hidup yang tergolong makhluk hidup langka di Indonesia
  • Menjelaskan pentingnya membudidayakan flora dan fauna langka
  • Menjelaskan 3 usaha untuk melindungi keanekaragaman hayati


 

  • Tugas terstruktur
  • Tes tertulis : PG

4 X 40'

  • Gambar flora dan fauna langka
  • Sugiyarto, T dan Ismawati, E. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal : 242-244.
  • Wasis, dkk. 2008. Contextual Teaching and Learning Ilmu Pengetahuan Alam : Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah Kelas VII Edisi 4. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal :279-305.
  • Wasis dan Irianto, S.Y. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal : 228-230.

  • Fajar, C., dkk. 2006. Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu dan Kontekstual untuk SMP/MTs Kelas VII. Surakarta : Mediatama. Hal : 215-219.

7.3 Memprediksi pengaruh kepadatan populasi manusia terhadap lingkungan

Kepadatan Populasi Manusia terhadap Lingkungan 

  • Mendiskusikan manusia dalam lingkungan hidupnya
  • Mendiskusikan tentang dinamika penduduk
  • Mendiskusikan faktor-faktor yang mempengaruhi dinamika penduduk
  • Mendiskusikan rumurs untuk menghitung angka kelahiran dan angka kematian
  • Mendiskusikan migrasi penduduk dan faktor-faktor yang mendorong terjadinya migrasi
  • Menggali informasi melalui studi pustaka untuk merumuskan konsep kepadatan penduduk
  • Mengkaji hubungan kepadatan populasi manusia terhadap lingkungan
  • Mendiskusikan tentang usaha mengatasi permasalahan akibat terjadinya kepadatan penduduk
  • Menjelaskan tentang dinamika penduduk
  • Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi dinamika penduduk
  • Menghitung angka kelahiran penduduk (natalitas)
  • Menghitung angka kematian penduduk (mortalitas)
  • Menjelaskan 4 jenis migrasi penduduk
  • Menjelaskan faktor-faktor yang mendorong terjadinya migrasi penduduk
  • Menghitung pertumbuhan penduduk
  • Menghitung kepadatan penduduk
  • Mejelaskan pengaruh meningkatnya populasi penduduk terhadap kerusakan lingkungan
  • Menjelaskan usaha penurunan jumlah dan penyebaran penduduk
  • Tugas terstruktur
  • Tes tertulis : PG

6 X 40'

  • Winarsih, A. 2008. IPA TERPADU : SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal : 306-307.
  • Sugiyarto, T dan Ismawati, E. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal : 244-245.
  • Wasis, dkk. 2008. Contextual Teaching and Learning Ilmu Pengetahuan Alam : Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah Kelas VII Edisi 4. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal : 312-320.
  • Wasis dan Irianto, S.Y. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal : 234-244.
  • Fajar, C., dkk. 2006. Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu dan Kontekstual untuk SMP/MTs Kelas VII. Surakarta : Mediatama. Hal : 221-226.

7.4 Mengaplikasikan peran manusia dalam pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan

Pengelolaan Lingkungan untuk Mengatasi Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan

  • Studi pustaka untuk merumuskan konsep kerusakan lingkungan dan pencemaran
  • Mendiskusikan tentang pencemaran udara dan akibat yang ditimbulkannya
  • Mendiskusikan tentang pencemaran air dan akibat yang ditimbulkannya
  • Mendiskusikan tentang pencemaran tanah dan akibat yang ditimbulkannya
  • Merumuskan tingkat pencemaran dan kerusakan lingkungan hubungannya dengan derajat aktifitas manusia
  • Mendiskusikan tentang usaha yang dapat dilakukan manusia untuk mengatasi pencemaran lingkungan
  • Menyebutkan 5 bahan pencemar udara
  • Menjelaskan 3 akibat yang ditimbulkan dari pencemaran udara
  • Menyebutkan 3 bahan pencemar air
  • Menjelaskan 3 akibat yang ditimbulkan dari pencemaran air
  • Menyebutkan 3 bahan pencemar tanah
  • Menjelaskan 3 akibat yang ditimbulkan dari pencemaran tanah
  • Menjelaskan 4 usaha yang dapat dilakukan manusia untuk mengatasi pencemaran
  • Tugas terstruktur
  • Tes tertulis : PG

6 X 40'

  • Gambar-gambar pencemaran lingkungan akibat ulah manusia
  • Winarsih, A. 2008. IPA TERPADU : SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal : 307-317.
  • Sugiyarto, T dan Ismawati, E. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal : 245-249.
  • Wasis, dkk. 2008. Contextual Teaching and Learning Ilmu Pengetahuan Alam : Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah Kelas VII Edisi 4. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal : 322-325.
  • Wasis dan Irianto, S.Y. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal : 244-250.

  • Fajar, C., dkk. 2006. Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu dan Kontekstual untuk SMP/MTs Kelas VII. Surakarta : Mediatama. Hal : 229-234.


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

Mengetahui                                                        Arga Makmur, 4 April 2009

Ka.MTsN Karang Anyar                                                Guru Mata Pelajaran IPA


 


 

Dedi Harlian, S.Pd.                                                    Eza Avlenda, S.Pd., M.Si.

NIP. 19720317 200212 1 002                                                NIP. 19790406 200312 2 002

Tidak ada komentar: