14 Februari 2011

CONTOH LAPORAN KEGIATAN LDK

  1. Pendahuluan

    Madrasah sebagai wiyatamandala adalah suatu lembaga pendidikan yang di dalamnya terdapat masyarakat belajar dan mengajar secara berjenjang dan berkesinambungan, yang terdiri dari kepala madrasah, wakil, dewan guru, kepala tata usaha, staf, pegawai/karyawan sebagai perangkat pengelola pendidikan dan para siswa sebagai peserta didik. Setiap madrasah mempunyai organisasi kesiswaan sebagai salah satu dari empat jalur pembinaan kesiswaan, sangat berperan penting dalam pengembangan serta pembinaan siswa. Dengan adanya suatu wadah organisasi kesiswaan akan diperoleh kader penerus perjuangan bangsa dan pembangunan nasional yang berbekal dengan nilai-nilai ketaqwaan kepada Allah SWT, keterampilan, kepemimpinan, kesegaran jasmani, kreatifitas, patriotisme, idealisme, kepribadian dan budi pekerti luhur.

    Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) merupakan wadah berkumpul siswa-siswi guna menumbuhkan, menyalurkan dan meningkatkan kemampuan, keterampilan, serta kepemimpinannya melalui berbagai kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler. Oleh karena itu, fungsi dan perannya perlu secara terus menerus dikembangkan dan dimantapkan sesuai dengan perkembangan dan tuntutan kebutuhan zaman. Pemantapan dan pengembangannya sangat ditunjang oleh kualitas kepemimpinan siswa itu sendiri, karena kepemimpinan adalah salah satu fungsi manajemen yang sangat berperan dalam menentukan keberhasilan pencapaian tujuan suatu organisasi.

    Oleh karena itu untuk mengembangkan pola pikir, sikap dan perilaku dalam berorganisasi, maka perlu diadakan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) bagi pengurus OSIS dan MPK.


  1. Tujuan

    Tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai berikut :

    1. Meningkatkan kemampuan berorganisasi pengurus OSIS dan MPK
    2. Meningkatkan pemahaman mengenai tugas dan fungsi pengurus OSIS dan MPK
    3. Meningkatkan kemampuan, keterampilan serta kepemimpinan pengurus OSIS dan MPK
  2. Sasaran

    Sasaran kegiatan ini adalah seluruh pengurus OSIS dan MPK masa bakti 2009/2010.


  3. Panitia (terlampir)


  1. Anggaran Biaya (terlampir)


  1. Waktu Pelaksanaan

    Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, tanggal 21 s/d 22 Desember 2009, bertempat di MTsN Karang Anyar Arga Makmur. Jadwal kegiatan terlampir.


  1. Peserta

    Peserta kegiatan ini adalah seluruh pengurus OSIS dan MPK masa bakti 2009/2010 (terlampir)


  2. Kegiatan

    Kegiatan ini berjalan cukup baik, peserta bersemangat dan antusias menerima materi yang disampaikan oleh pemateri. Tidak ada kendala yang begitu berarti dalam pelaksanaan kegiatan ini. Setelah mengikuti kegiatan ini para peserta banyak mendapatkan pengetahuan dan pengalaman baru. Hendaknya kegiatan-kegiatan yang dapat memupuk semangat kepemimpinan dan keterampilan berorganisasi siswa dapat dilaksanakan secara berkala.


  1. Penutup

    Demikianlah laporan ini dibuat untuk menjadi pedoman maupun referensi dalam melaksanakan kegiatan serupa.


Tidak ada komentar: