13 Juni 2017

Hamparan Surga Laut di Pulau Enggano (day 28#Eza Avlenda#30DWC Jilid 6#Squad 2)




Pulau Enggano merupakan pulau terluar Indonesia yang terletak di Samudera Hindia. Pulau enggano termasuk wilayah pemerintahan Kabupaten Bengkulu Utara Provinsi Bengkulu. Pulau Enggano juga memiliki gugusan pulau-pulau kecil, di antaranya pulau Bangkai, pulau Dua, pulau Merbau dan pulau Satu. Akses menuju pulau Enggano ada dua alternatif yaitu jalur laut dan jalur udara. Jalur laut dapat ditempuh dalam waktu 15 jam dari Kota Bengkulu. Pelabuhan Pulau Baii merupakan dermaga tempat kapal Feri KM Pulo Telo dan kapal perintis merapat. Kapal Feri KM Pulo Telo beroperasi dua minggu sekali, sedangkan kapal perintis beroperasi setiap sepuluh hari sekali.
Pulau ini memiliki ekosistem yang masih alami. Hutan mangrove yang luas, menyediakan sumber kayu dan sumber pangan yang memiliki kandungan protein tinggi seperti kepiting bakau. Selain itu, terdapat berbagai jenis burung. Daerah pasang surut ini juga menjadi tempat berkembangbiak fauna besar lainnya yaitu buaya.
Menengok ke arah pantai, dengan pasir putih kasar yang bersih, menambah kemolekan pulau ini. Selain hutan mangrove, di pulau ini terdapat hamparan terumbu karang yang luas. Beragam terumbu karang yang indah dengan aneka jenis ikan yang berwarna warni memberi kesan tersendiri. Pulau ini sangat cocok dijadikan pilihan untuk melakukan aktivitas air seperti snorkeling dan diving. Padang lamun yang terdapat di pulau ini juga cantik. Pemandangan menghijau yang menjadi tempat nursery bagi ikan-ikan kecil dan hewan-hewan mollusca lainnya.
Selain pemandangannya yang indah, kita juga dapat menikmati wisata kuliner ikan panggang dan sup kepiting bakau. Menikmati kuliner di tepi pantai yang berpasir putih dan laut yang tenang menyajikan suasana damai. Potensi wisata bahari yang begitu banyak di pulau ini, menjadikan pulau ini salah satu tujuan wisata di provinsi Bengkulu.
 


1 komentar:

Corat-coret Indah mengatakan...

👍👍👍👍