8 April 2014

Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VII D MTsN Karang Anyar Arga Makmur



Eza Avlenda, M.Si.
(Guru IPA MTsN Karang Anyar Bengkulu Utara)

Abstrak
Mata pelajaran IPA dianggap materi yang sulit, susah dipahami, tidak menarik, dan lain sebagainya, sementara di sisi lain pembelajaran monoton, alat peraga/alat praktikum di madrasah kurang memadai. Salah satu indikator yang menunjukkan bahwa mata pelajaran IPA merupakan pelajaran yang sulit adalah hasil belajar yang diperoleh peserta didik belum memuaskan. Berdasarkan kenyataan rendahnya kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar IPA, maka perlu dicoba suatu alternatif yaitu penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas belajar pada siklus I sebesar 63,33 % dengan kategori cukup dan siklus II sebesar 91,66 % dengan kategori baik. Sementara rata-rata hasil belajar pada siklus pertama 75,80 dan ketuntasan belajar secara klasikal 77,41 %, sedangkan pada siklus kedua rata-rata hasil belajar 91,72 dan ketuntasan hasil belajar sebesar 86,20 %. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan penerapan pendekatan CTL dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar peserta didik kelas VII D MTsN Karang Anyar.

Kata kunci : aktivitas belajar, hasil belajar, CTL

Tidak ada komentar: