Silabus
Madrasah : MTsN Karang Anyar
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : VII (Tujuh)/ 1 (Satu)
Tahun Pelajaran : 2010/2011
Standar Kompetensi : 1. Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan menggunakan peralatan
Kompetensi
Dasar | Materi
Pokok | Kegiatan pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi
Waktu | Sumber
Belajar |
- Mendeskripsikan besaran pokok dan besaran turunan beserta satuannya
| Besaran dan
satuan | - Mencari informasi melalui kajian pustaka tentang pengertian pengukuran, besaran, dan satuan
- Melakukan percobaan untuk memahami pengukuran
- Merumuskan pengertian besaran pokok dan besaran turunan
- Mencari informasi melalui kajian pustaka satuan besaran pokok dalam satuan internasional
- Mencari informasi melalui kajian pustaka tentang satuan baku dan tidak baku
- Mencari informasi untuk menemukan konversi satuan panjang, massa, waktu , dan volume dengan tangga konversi
| - Menjelaskan pengertian pengukuran
- Menjelaskan pengertian besaran
- Menjelaskan pengertian satuan
- Mengelompokkan besaran pokok dan besaran turunan
- Mengelompokkan satuan baku dan tidak baku
- Mengkonversi satuan panjang, massa, waktu, dan volume
| - Tugas terstruktur
- Tes tertulis : PG dan uraian
- Tugas mandiri
| 4 x 40' | - Mistar dan tangga konversi
- Winarsih, A. 2008. IPA TERPADU : SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal : 1-14.
- Sugiyarto, T dan Ismawati, E. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal : 1-10.
- Wasis, dkk. 2008. Contextual Teaching and Learning Ilmu Pengetahuan Alam : Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah Kelas VII Edisi 4. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal : 1-11.
- Wasis dan Irianto, S.Y. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal : 3-11.
- Fajar, C., dkk. 2006. Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu dan Kontekstual untuk SMP/MTs Kelas VII. Surakarta : Mediatama. Hal : 1-14.
|
1.2 Mendeskripsikan pengertian suhu dan pengukurannya
| Suhu dan pengukuran | - Mencari informasi melalui kajian pustaka mengenai pengertian suhu
- Mencari informasi melalui kajian pustaka tentang sifat termometrik pada alat ukur suhu
- Mencari informasi melalui kajian pustaka mengenai jenis-jenis termometer
- Mencari informasi tentang kelebihan dan kekurangan alkohol sebagai zat termometrik
- Mencari informasi tentang kelebihan dan kekurangan raksa sebagai zat termometrik
- Mencari informasi mengenai termometer Celsius, Fahrenheit, Reamur, dan Kelvin
- Melakukan perbandingan untuk menentukan kesetaraan antara termometer Celsius, Fahrenheit, Reamur, dan Kelvin
| - Menjelaskan pengertian suhu
- Menjelaskan sifat termometrik pada alat ukur suhu
- Menyebutkan jenis-jenis termometer
- Membandingkan kelebihan alkohol sebagai zat termometrik
- Membandingkan kekurangan alkohol dan raksa sebagai zat termometrik
- Membandingkan skala termometer Celsius dengan termometer Fahrenheit, Reamur, dan Kelvin
| - Tugas terstruktur
- Tes tertulis : PG
| 4 x 40' | - Winarsih, A. 2008. IPA TERPADU : SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal : 21-25.
- Sugiyarto, T dan Ismawati, E. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal : 10-17.
- Wasis, dkk. 2008. Contextual Teaching and Learning Ilmu Pengetahuan Alam : Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah Kelas VII Edisi 4. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal : 16-18.
- Wasis dan Irianto, S.Y. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal : 14-23.
|
- Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari
| Pengukuran | - Melakukan pengukuran dengan menggunakan mistar dan jangka sorong untuk mengukur besaran panjang berbagai macam benda
- Melakukan pengukuran dengan menggunakan neraca untuk mengukur besaran massa
- Melakukan pengukuran luas dan volume untuk benda yang bentuknya teratur
- Melakukan pengukuran volume untuk benda yang bentuknya tidak teratur
- Melakukan pengukuran suhu
| - Mengukur besaran panjang menggunakan mistar, jangka sorong dan mikrometer skrup
- Mengukur besaran massa menggunakan neraca
- Merumuskan luas dan volume benda-benda yang bentuknya teratur
- Menentukan volume batu dengan menggunakan gelas ukur atau gelas berpancuran
- Menggunakan alat ukur suhu
| - Tes tertulis : PG
- Tes unjuk kerja : Uji petik kerja prosedur
| 4 x 40' | - Mistar, jangka sorong, stopwatch, gelas ukur, gelas berpancuran, termometer, dan neraca
- Winarsih, A. 2008. IPA TERPADU : SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal :
- Sugiyarto, T dan Ismawati, E. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal : 17-26.
- Wasis, dkk. 2008. Contextual Teaching and Learning Ilmu Pengetahuan Alam : Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah Kelas VII Edisi 4. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal : 12-15.
- Wasis dan Irianto, S.Y. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
Hal : 12-14. - Fajar, C., dkk. 2006. Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu dan Kontekstual untuk SMP/MTs Kelas VII. Surakarta : Mediatama. Hal : 7-13.
|
Mengetahui Arga Makmur, 12 Juli 2010
Ka.MTsN Karang Anyar Guru Mata Pelajaran IPA
Drs. Hirwandi, M.Pd. Eza Avlenda, S.Pd., M.Si.
NIP. 19641105 199402 1 001 NIP. 19790406 200312 2 002
Silabus
Madrasah : MTsN Karang Anyar
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : VII (Tujuh)/ 1 (Satu)
Tahun Pelajaran : 2010/2011
Standar Kompetensi : 2. Memahami klasifikasi zat
Kompetensi
Dasar | Materi
Pokok | Kegiatan pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi
Waktu | Sumber
Belajar |
- Mengelompokkan sifat larutan asam, larutan basa, dan larutan garam melalui alat dan indikator yang tepat
| Asam, basa, dan garam | | - Membedakan sifat asam, basa, dan garam
- Menentukan ciri-ciri zat yang bersifat asam, basa, dan garam
- Mengelompokkan bahan-bahan di lingkungan sekitar berdasarkan konsep asam, basa, dan garam
- Menggunakan alat sederhana untuk menentukan skala keasaman dan kebasaan
|
| 4 x 40' | - pH indikator, bahan-bahan di lingkungan sekitar
- Winarsih, A. 2008. IPA TERPADU : SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal : 31-33.
- Sugiyarto, T dan Ismawati, E. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal : 35-40.
- Wasis, dkk. 2008. Contextual Teaching and Learning Ilmu Pengetahuan Alam : Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah Kelas VII Edisi 4. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal :43-49
- Wasis dan Irianto, S.Y. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal : 29-31.
- Fajar, C., dkk. 2006. Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu dan Kontekstual untuk SMP/MTs Kelas VII. Surakarta : Mediatama. Hal : 17-23.
|
- Melakukan percobaan sederhana dengan bahan-bahan yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari
| Sifat asam dan basa pada bahan makanan | - Membuat indikator alami
- Melakukan percobaan untuk mengetahui sifat asam, basa di laboratorium dan alam, misalnya dengan menggunakan indikator alami bunga kembang sepatu
| Membuat indikator alami
- Mengelompokkan bahan-bahan di lingkungan berdasarkan sifat asam, basa dan garam dengan menggunakan indikator alami
|
- Tes unjuk kerja : Uji petik kerja prosedur dan produk
| 2 x 40' | - Winarsih, A. 2008. IPA TERPADU : SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal : 40-48
- Sugiyarto, T dan Ismawati, E. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal : 40-43.
- Wasis, dkk. 2008. Contextual Teaching and Learning Ilmu Pengetahuan Alam : Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah Kelas VII Edisi 4. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal :50-56
- Wasis dan Irianto, S.Y. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal : 32-37.
- Fajar, C., dkk. 2006. Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu dan Kontekstual untuk SMP/MTs Kelas VII. Surakarta : Mediatama. Hal : 23-27.
|
- Menjelaskan nama unsur dan rumus kimia sederhana
| Unsur kimia | | - Menjelaskan aturan penulisan lambang unsur
- Menuliskan nama dan lambang unsur
- Menuliskan nama dan rumus kimia sederhana
- Menentukan nama senyawa dan rumus kimia sederhana
| - Tugas mandiri
- Tes tertulis : PG
| 4 x 40' | - Tabel sistem periodik unsur dan molymod
- Winarsih, A. 2008. IPA TERPADU : SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal :
- Sugiyarto, T dan Ismawati, E. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal : 49-59.
- Wasis, dkk. 2008. Contextual Teaching and Learning Ilmu Pengetahuan Alam : Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah Kelas VII Edisi 4. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal :
- Wasis dan Irianto, S.Y. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal :
- Fajar, C., dkk. 2006. Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu dan Kontekstual untuk SMP/MTs Kelas VII. Surakarta : Mediatama. Hal : 31-42.
|
2.4 Membandingkan sifat unsur, senyawa, dan campuran
| Unsur, senyawa, dan campuran
| - Mencari informasi melalui kajian pustaka mengenai pengertian senyawa dan campuran
- Mengidentifikasi sifat unsur, senyawa, dan campuran
- Mengklasifikasikan materi secara sederhana
- Mengidentifikasi campuran homogen dan campuran heterogen
| - Membandingkan sifat unsur, senyawa, dan campuran
- Mengklasifikasikan materi secara sederhana
- Mengelompokkan zat-zat ke dalam campuran homogen dan heterogen dalam kehidupan sehari-hari
| - Tugas terstruktur
- Tes tertulis : PG
| 4 x 40' | - Tabel sistem periodik unsur dan molymod
- Winarsih, A. 2008. IPA TERPADU : SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal :
- Sugiyarto, T dan Ismawati, E. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal : 49-59.
- Wasis, dkk. 2008. Contextual Teaching and Learning Ilmu Pengetahuan Alam : Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah Kelas VII Edisi 4. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal :
- Wasis dan Irianto, S.Y. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal :
- Fajar, C., dkk. 2006. Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu dan Kontekstual untuk SMP/MTs Kelas VII. Surakarta : Mediatama. Hal : 31-42.
|
Mengetahui Arga Makmur, 2 Agustus 2010
Ka.MTsN Karang Anyar Guru Mata Pelajaran IPA
Drs. Hirwandi, M.Pd. Eza Avlenda, S.Pd., M.Si.
NIP. 19641105 199402 1 001 NIP. 19790406 200312 2 002
Silabus
Madrasah : MTsN Karang Anyar
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : VII (Tujuh)/ 1 (Satu)
Tahun Pelajaran : 2010/2011
Standar Kompetensi : 3. Memahami wujud zat dan perubahannya
Kompetensi
Dasar | Materi
Pokok | Kegiatan pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi
Waktu | Sumber
Belajar |
- Menyelidiki sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
| Wujud zat | - Mencari informasi melalui kajian pustaka mengenai pengertian zat
- Mengklasifikasikan berbagai macam benda berdasarkan wujudnya
- Mendiskusikan sifat-sifat partikel penyusun zat padat, cair, dan gas
- Mencari informasi melalui kajian pustaka mengenai perbedaan kohesi dan adhesi
- Mengamati gejala meniskus melalui pengamatan
- Mendiskusikan gejala kapilaritas dalam kehidupan sehari-hari
- Melakukan percobaan tegangan permukaan
| - Menjelaskan pengertian zat
- Menyebutkan berbagai wujud benda
- Menyebutkan sifat-sifat partikel penyusun zat padat, cair, dan gas
- Membedakan kohesi dan adhesi
- Membedakan gejala meniskus cembung dan cekung
- Menjelaskan pengertian kapilaritas
- Memberikan contoh peristiwa kapilaritas dalam kehidupan sehari-hari
- Memberikan contoh peristiwa peristiwa tegangan permukaan
| - Tes tertulis : PG
- Tes unjuk kerja
| 4 x 40' | - Air, balok aluminium, pipa kapiler
- Winarsih, A. 2008. IPA TERPADU : SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
- Sugiyarto, T dan Ismawati, E. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
- Wasis, dkk. 2008. Contextual Teaching and Learning Ilmu Pengetahuan Alam : Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah Kelas VII Edisi 4. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
- Wasis dan Irianto, S.Y. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
- Fajar, C., dkk. 2006. Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu dan Kontekstual untuk SMP/MTs Kelas VII. Surakarta : Mediatama
|
- Mendeskripsikan konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-hari
| Massa jenis | - Mencari informasi melalui kajian pustaka tentang pengertian massa jenis
- Menghitung massa jenis suatu zat menggunakan persamaan massa jenis
- Melakukan percobaan untuk menentukan massa jenis zat padat yang bentuknya teratur
- Melakukan percobaan untuk menentukan massa jenis benda padat yang bentuknya tidak beraturan dengan menggunakan gelas ukur
- Mendiskusikan aplikasi konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-hari
| - Menjelaskan pengertian massa jenis
- Menghitung massa jenis suatu zat dengan menggunakan persamaan massa jenis
- Menghitung massa jenis benda yang bentuknya teratur dan tidak teratur
- Menyebutkan contoh manfaat konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-hari
| - Tes tertulis : PG
- Tes unjuk kerja
| 4 x 40'
| - Gelas ukur, gelas berpancuran, balok aluminium, beberapa macam zat cair
- Winarsih, A. 2008. IPA TERPADU : SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
- Sugiyarto, T dan Ismawati, E. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
- Wasis, dkk. 2008. Contextual Teaching and Learning Ilmu Pengetahuan Alam : Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah Kelas VII Edisi 4. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
- Wasis dan Irianto, S.Y. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
- Fajar, C., dkk. 2006. Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu dan Kontekstual untuk SMP/MTs Kelas VII. Surakarta : Mediatama
|
- Melakukan percobaan yang berkaitan dengan pemuaian dalam kehidupan sehari-hari
| Pemuaian zat | - Mencari informasi tentang pemuaian zat
- Mencari informasi tentang pemuaian panjang, pemuaian luas dan pemuaian volume
- Menghitung pemuaian panjang suatu zat menggunakan persamaan muai panjang
- Menghitung pemuaian luas suatu zat menggunakan persamaan muai luas
- Menghitung pemuaian volume suatu zat menggunakan persamaan muai volume
- Melakukan percobaan pemuaian zat cair
- Mendiskusikan tentang anomali air
- Mendiskusikan aplikasi pemuaian dalam kehidupan sehari-hari
| - Menjelaskan pengertian pemuaian
- Menghitung pertambahan panjang suatu zat
- Menghitung pertambahan luas suatu zat
- Menghitung pertambahan volume suatu zat
- Menjelaskan tentang anomali air
- Memberikan contoh penerapan pemuaian dalam kehidupan sehari-hari
| - Tugas terstruktur
- Tes tertulis : PG
| 6 x 40' | - Air, gelas kimia, pembakar spiritus, kasa, kaki segitiga
- Winarsih, A. 2008. IPA TERPADU : SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
- Sugiyarto, T dan Ismawati, E. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
- Wasis, dkk. 2008. Contextual Teaching and Learning Ilmu Pengetahuan Alam : Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah Kelas VII Edisi 4. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
- Wasis dan Irianto, S.Y. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
- Fajar, C., dkk. 2006. Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu dan Kontekstual untuk SMP/MTs Kelas VII. Surakarta : Mediatama
|
- Mendeskripsikan peran kalor dalam mengubah wujud zat dan suhu suatu benda serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
| Kalor | - Mencari informasi tentang pengertian kalor
- Menghitung besarnya kalor yang dilepas/diserap menggunakan persamaan
- Menghitung besarnya kapasitas kalor menggunakan persamaan Q = m.c.∆t
- Mencari informasi tentang faktor-faktor yang dapat mempercepat penguapan
- Menghitung kalor yang dibutuhkan pada saat mendidih menggunakan persamaan Q = m.U
- Menghitung kalor yang dibutuhkan pada saat melebur menggunakan persamaan Q = m.L
- Mencari informasi tentang peristiwa perubahan wujud zat
- Melakukan kajian pustaka dan pengamatan perpindahan kalor secara konduksi
- Melakukan kajian pustaka dan pengamatan perpindahan kalor secara konveksi
- Melakukan kajian pustaka dan pengamatan perpindahan kalor secara radiasi
- Mengkaji mengenai aplikasi konsep perpindahan kalor
| | - Tes tertulis : PG
- Tes unjuk kerja
| 6 x 40' | - Pembakar spiritus, gelas kimia, kasa, kaki tiga, es, air
- Winarsih, A. 2008. IPA TERPADU : SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
- Sugiyarto, T dan Ismawati, E. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
- Wasis, dkk. 2008. Contextual Teaching and Learning Ilmu Pengetahuan Alam : Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah Kelas VII Edisi 4. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
- Wasis dan Irianto, S.Y. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
- Fajar, C., dkk. 2006. Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu dan Kontekstual untuk SMP/MTs Kelas VII. Surakarta : Mediatama
|
Mengetahui Arga Makmur, 27 September 2010
Ka.MTsN Karang Anyar Guru Mata Pelajaran IPA
Drs. Hirwandi, M.Pd. Eza Avlenda, S.Pd., M.Si.
NIP. 19641105 199402 1 001 NIP. 19790406 200312 2 002
Silabus
Madrasah : MTsN Karang Anyar
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : VII (Tujuh)/ 1 (Satu)
Tahun Pelajaran : 2010/2011
Standar Kompetensi : 4. Memahami berbagai sifat dalam perubahan fisika dan kimia
Kompetensi
Dasar | Materi
Pokok | Kegiatan pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi
Waktu | Sumber
Belajar |
- Membandingkan sifat fisika dan sifat kimia zat
| Sifat fisika dan sifat kimia | - Mencari informasi tentang sifat fisika zat
- Mencari informasi tentang sifat kimia zat
| - Menjelaskan sifat fisika zat
- Menjelaskan sifat kimia zat
|
| 2 x 40' | - Winarsih, A. 2008. IPA TERPADU : SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
- Sugiyarto, T dan Ismawati, E. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
- Wasis, dkk. 2008. Contextual Teaching and Learning Ilmu Pengetahuan Alam : Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah Kelas VII Edisi 4. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
- Wasis dan Irianto, S.Y. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
- Fajar, C., dkk. 2006. Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu dan Kontekstual untuk SMP/MTs Kelas VII. Surakarta : Mediatama
|
- Melakukan pemisahan campuran dengan berbagai cara berdasarkan sifat fisika dan sifat kimia
| Pemisahan campuran | - Mencari informasi tentang pemisahan campuran berdasarkan ukuran partikel dan titik didih
- Mengamati percobaan tentang penjernihan air
- Melakukan percobaan dan mengidentifikasi hasil percobaan tentang pemisahan campuran
- Mendiskusikan contoh pemisahan campuran dalam kehidupan sehari-hari
| - Menjelaskan dasar pemisahan campuran berdasarkan ukuran partikel dan titik didih
- Melakukan percobaan penjernihan air dengan teknik sederhana
- Memberikan contoh pemisahan campuran dalam kehidupan sehari-hari
| - Tes tertulis : PG
- Tes unjuk kerja : Uji petik kerja prosedur dan produk
| 4 x 40' | - Pasir, air, saringan, kertas saring, corong, gelas kimia
- Winarsih, A. 2008. IPA TERPADU : SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
- Sugiyarto, T dan Ismawati, E. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
- Wasis, dkk. 2008. Contextual Teaching and Learning Ilmu Pengetahuan Alam : Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah Kelas VII Edisi 4. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
- Wasis dan Irianto, S.Y. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
- Fajar, C., dkk. 2006. Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu dan Kontekstual untuk SMP/MTs Kelas VII. Surakarta : Mediatama
|
- Menyimpulkan perubahan fisika dan kimia berdasarkan hasil percobaan sederhana
| Perubahan fisika dan perubahan kimia
| - Melakukan percobaan dan merumuskan kesimpulan hasil percobaan perubahan fisika
- Melakukan percobaan dan merumuskan kesimpulan hasil percobaan perubahan kimia
- Mengidentifikasi peristiwa perubahan fisika dan perubahan kimia dalam kehidupan sehari-hari
| - Menjelaskan perbedaan perubahan fisika dan perubahan kimia berdasarkan hasil percobaan
- Memberikan contoh peristiwa perubahan fisika dalam kehidupan sehari-hari
- Memberikan contoh peristiwa perubahan kimia dalam kehidupan sehari-hari
| - Tugas terstruktur
- Tes tertulis : PG
| 2 x 40' | - Lilin, kertas, es, gelas kimia, pembakar spiritus
- Winarsih, A. 2008. IPA TERPADU : SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
- Sugiyarto, T dan Ismawati, E. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
- Wasis, dkk. 2008. Contextual Teaching and Learning Ilmu Pengetahuan Alam : Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah Kelas VII Edisi 4. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
- Wasis dan Irianto, S.Y. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
- Fajar, C., dkk. 2006. Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu dan Kontekstual untuk SMP/MTs Kelas VII. Surakarta : Mediatama
|
4.4 Mengindentifikasi terjadinya reaksi kimia melalui percobaan sederhana
| Reaksi kimia
| - Mencari informasi mengenai pengertian reaksi kimia
- Mendiskusikan tentang persamaan reaksi kimia
- Mendiskusikan tentang ciri-ciri reaksi kimia
- Mendiskusikan faktor-faktor yang memengaruhi laju reaksi kimia
- Mendiskusikan jenis-jenis reaksi kimia
- Melakukan percobaan tentang reaksi kimia
- Mendiskusikan hasil kesimpulan tentang reaksi kimia
| | - Tes tertulis : PG
- Tes unjuk kerja
| 4 x 40'
| - Winarsih, A. 2008. IPA TERPADU : SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
- Sugiyarto, T dan Ismawati, E. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
- Wasis, dkk. 2008. Contextual Teaching and Learning Ilmu Pengetahuan Alam : Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah Kelas VII Edisi 4. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
- Wasis dan Irianto, S.Y. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
- Fajar, C., dkk. 2006. Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu dan Kontekstual untuk SMP/MTs Kelas VII. Surakarta : Mediatama
|
Mengetahui Arga Makmur, 8 November 2010
Ka.MTsN Karang Anyar Guru Mata Pelajaran IPA
Dedi Harlian, S.Pd. Eza Avlenda, S.Pd., M.Si.
NIP. 19720317 200212 1 002 NIP. 19790406 200312 2 002
Silabus
Madrasah : MTsN Karang Anyar
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : VII (Tujuh)/ 2 (Dua)
Tahun Pelajaran : 2010/2011
Standar Kompetensi : 5. Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan
Kompetensi
Dasar | Materi
Pokok | Kegiatan pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi
Waktu | Sumber
Belajar |
5.1 Melaksanakan pengamatan objek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam biotik dan abiotik
| Gejala Alam Biotik dan Abiotik | - Melakukan pengamatan gejala alam kebendaan pada objek biotik di lingkungan sekitar
- Merumuskan gejala alam kebendaan pada objek biotik
- Melakukan pengamatan gejala alam berbentuk kebendaan pada objek abiotik di lingkungan sekitar
- Melakukan pengamatan gejala kejadian pada objek biotik di lingkungan sekitar
- Mengawetkan objek biotik
- Melakukan pengamatan gejala kejadian pada objek abiotik di lingkungan sekitar
| - Membandingkan 3 gejala alam kebendaan dan kejadian pada objek abiotik
- Membandingkan gejala alam kebendaan dan kejadian pada objek biotik
- Menjelaskan 2 cara mengawetkan objek biotik
| - Tugas mandiri
- Tes tertulis : PG
| 6 x 40' | - Winarsih, A. 2008. IPA TERPADU : SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
- Sugiyarto, T dan Ismawati, E. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
- Wasis, dkk. 2008. Contextual Teaching and Learning Ilmu Pengetahuan Alam : Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah Kelas VII Edisi 4. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
- Wasis dan Irianto, S.Y. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
- Fajar, C., dkk. 2006. Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu dan Kontekstual untuk SMP/MTs Kelas VII. Surakarta : Mediatama
|
5.2 Menganalisis data percobaan gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
| Gerak Lurus | | - Menghitung kecepatan, jika diketahui waktu dan jarak yang ditempuh
- Menunjukkan 3 konsep GLB dalam kehidupan sehari-hari
- Menunjukkan 3 konsep GLBB dalam kehidupan sehari-hari
| - Tugas terstruktur
- Tes tertulis : PG
| 8 x 40' | - Winarsih, A. 2008. IPA TERPADU : SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
- Sugiyarto, T dan Ismawati, E. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
- Wasis, dkk. 2008. Contextual Teaching and Learning Ilmu Pengetahuan Alam : Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah Kelas VII Edisi 4. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
- Wasis dan Irianto, S.Y. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
- Fajar, C., dkk. 2006. Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu dan Kontekstual untuk SMP/MTs Kelas VII. Surakarta : Mediatama
|
5.3 Menggunakan mikroskop dan peralatan pendukung lainnya untuk mengamati gejala-gejala kehidupan
| Penggunaan Mikroskop | - Menggali informasi mengenai mikroskop
| - Menunjukkan 10 bagian-bagian mikroskop
- Menjelaskan fungsi 10 bagian-bagian mikroskop
- Menggunakan mikroskop dengan benar (mengatur fokus, pencahayaan, menemukan objec Mikropis)
| - Tes tertulis : PG
- Tes unjuk kerja : Uji petik kerja prosedur dan produk
| 6 x 40' | - Mikroskop, kaca preparat, cover glass
- Winarsih, A. 2008. IPA TERPADU : SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
- Sugiyarto, T dan Ismawati, E. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
- Wasis, dkk. 2008. Contextual Teaching and Learning Ilmu Pengetahuan Alam : Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah Kelas VII Edisi 4. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
- Wasis dan Irianto, S.Y. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
- Fajar, C., dkk. 2006. Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu dan Kontekstual untuk SMP/MTs Kelas VII. Surakarta : Mediatama
|
5.4 Menerapkan keselamatan kerja dalam melakukan pengamatan gejala-gejala alam
| Keselamatan Kerja di Laboratorium | - Mencari informasi melalui studi pustaka tentang keselamatan kerja di laboratorium
- Mencari informasi melalui Studi pustaka tentang pemeliharaan, penyimpanan dan penggunaan bahan kimia
- Mengindentifikasi simbol-simbol bahan kimia dalam Laboratorium
- Mendeskripsikan bahan-bahan yang berbahaya dan yang dapat menimbulkan penyakit
- Mendiskusikan tentang penanganan neraca
- Mendiskusikan tentang penanganan mikroskop dan alat optik lainnya
- Mendiskusikan jenis bahaya akibat kerja di laboratorium
| - Menjelaskan prosedur yang benar cara memegang, membawa dan memperlakukan alat dan bahan secara aman
- Menyebutkan 3 bahan yang berbahaya yang ditemukan di laboratorium
- Menjelaskan arti 5 simbol bahan kimia yang ditemukan di laboratorium
| - Tugas terstruktur
- Tes tertulis : PG
| 6 x 40 ' | - Winarsih, A. 2008. IPA TERPADU : SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
- Sugiyarto, T dan Ismawati, E. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
- Wasis, dkk. 2008. Contextual Teaching and Learning Ilmu Pengetahuan Alam : Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah Kelas VII Edisi 4. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
- Wasis dan Irianto, S.Y. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
- Fajar, C., dkk. 2006. Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu dan Kontekstual untuk SMP/MTs Kelas VII. Surakarta : Mediatama
|
Mengetahui Arga Makmur, 10 Januari 2011
Ka.MTsN Karang Anyar Guru Mata Pelajaran IPA
Dedi Harlian, S.Pd. Eza Avlenda, S.Pd., M.Si.
NIP. 19720317 200212 1 002 NIP. 19790406 200312 2 002
Silabus
Madrasah : MTsN Karang Anyar
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : VII (Tujuh)/ 2 (Dua)
Tahun Pelajaran : 2010/2011
Standar Kompetensi : 6. Memahami keanekaragaman makhluk hidup
Kompetensi
Dasar | Materi
Pokok | Kegiatan pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi
Waktu | Sumber
Belajar |
6.1 Mengindentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
| Ciri-ciri Makhluk Hidup | - Mengamati ciri-ciri makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitar
- Merumuskan karakteristik /ke khasan ciri makhluk hidup yang telah diamati
- Mengamati perbedaan ciri tumbuhan, hewan dan manusia
- Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
- Membuat laporan ciri-ciri makhluk hidup berdasarkan hasil observasi
| - Menjelaskan 5 ciri-ciri mahluk hidup
- Menyebutkan 3 karakteristik ciri makhluk hidup
- Menyebutkan 3 perbedaan ciri tumbuhan dan hewan
| | 4 x 40' | - Winarsih, A. 2008. IPA TERPADU : SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
- Sugiyarto, T dan Ismawati, E. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
- Wasis, dkk. 2008. Contextual Teaching and Learning Ilmu Pengetahuan Alam : Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah Kelas VII Edisi 4. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
- Wasis dan Irianto, S.Y. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
- Fajar, C., dkk. 2006. Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu dan Kontekstual untuk SMP/MTs Kelas VII. Surakarta : Mediatama
|
6.2 Mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki
| Klasifikasi Makhluk Hidup | - Mengidentifikasi ciri-ciri khusus yang dimiliki organisme
- Mengelompokkan organisme yang memliki persamaan ciri dalam satu kelompok tertentu
- Mencari informasi melalui studi pustaka tentang dasar-dasar klasifikasi makhluk hidup
- Melakukan klasifikasi makhluk hidup berdasar ciri yang dimiliki dengan menggunakan kunci dikotomi
| - Menjelaskan pentingnya dilakukan klasifikasi makhluk hidup
- Membuat perbandingan ciri-ciri khusus tiap kingdom dalam sistem 5 kingdom
- Mengklasifikasi 3 jenis mahluk hidup di sekitar berdasarkan ciri-ciri yang diamati
| - Tugas terstruktur
- Tes tertulis : PG
| 8 X 40' | - Winarsih, A. 2008. IPA TERPADU : SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
- Sugiyarto, T dan Ismawati, E. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
- Wasis, dkk. 2008. Contextual Teaching and Learning Ilmu Pengetahuan Alam : Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah Kelas VII Edisi 4. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
- Wasis dan Irianto, S.Y. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
- Fajar, C., dkk. 2006. Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu dan Kontekstual untuk SMP/MTs Kelas VII. Surakarta : Mediatama
|
6.3 Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme | Organisasi Kehidupan | - Mencari informasi melalui referensi tentang konsep sel, jaringan, organ dan sistem organ
- Melakukan pengamatan sel dan jaringan dengan menggunakan mikroskop
- Mendeskripsikan keragaman tingkat sel berdasarkan hasil pengamatan menggunakan mikroskop
- Mendeskripsikan keragaman tingkat organ dan sistem organ berdasarkan hasil pengamatan
- Melakukan identifikasi organ-organ pada manusia, hewan dan tumbuhan
- Mengkaitkan hubungan antara sel, jaringan, organ dan sistem organ penyusun tubuh
| - Menyebutkan 5 perbedaan sel tumbuhan dan hewan
- Menyebutkan 5 contoh jaringan pada tumbuhan
- Menyebutkan 5 contoh jaringan pada hewan
- Menjelaskan hubungan antara sel, jaringan, organ dan sistem organ penyusun tubuh
| - Tugas terstruktur
- Tugas mandiri
- Tes tertulis : PG
| 6 X 40' | - Mikroskop, kaca preparat, cover glass
- Winarsih, A. 2008. IPA TERPADU : SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal : 271-288.
- Sugiyarto, T dan Ismawati, E. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal : 220-225.
- Wasis, dkk. 2008. Contextual Teaching and Learning Ilmu Pengetahuan Alam : Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah Kelas VII Edisi 4. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal : 214-225.
- Wasis dan Irianto, S.Y. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal : 204-212.
- Fajar, C., dkk. 2006. Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu dan Kontekstual untuk SMP/MTs Kelas VII. Surakarta : Mediatama. Hal : 199-204.
|
Mengetahui Arga Makmur, 21 Februari 2011
Ka.MTsN Karang Anyar Guru Mata Pelajaran IPA
Dedi Harlian, S.Pd. Eza Avlenda, S.Pd., M.Si.
NIP. 19720317 200212 1 002 NIP. 19790406 200312 2 002
Silabus
Madrasah : MTsN Karang Anyar
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : VII (Tujuh)/ 2 (Dua)
Tahun Pelajaran : 2010/2011
Standar Kompetensi : 7. Memahami saling ketergantungan dalam ekositem
Kompetensi
Dasar | Materi
Pokok/
Pembelajaran | Kegiatan pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi
Waktu | Sumber
Belajar |
7.1 Menentukan ekosistem dan saling hubungan antara komponen ekosistem
| Ekosistem | - Melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitar sebagai satuan ekosistem
- Mengindentifikasikan satuan-satuan dalam ekosistem dan menyatakan matahari merupakan sumber energi utama
- Mendiskusikan rumus untuk menghitung kepadatan populasi makhluk hidup
- Menggali informasi tentang komponen suatu satuan ekosistem yang spesifik (ekosistem sawah, ekosistem kolam)
- Membuat beberapa model diagram rantai makanan dan jaring-jaring makanan
- Mendiskusikan tingkat trofik pada rantai makanan dan jaring-jaring makanan
- Mendiskusikan tentang jenis-jenis pola interaksi pada makhluk hidup
- Mendiskusikan tentang keseimbangan ekosistem
| - Menjelaskan 2 komponen penyusun ekosistem beserta contohnya
- Menjelaskan 5 satuan dalam ekosistem
- Menghitung kepadatan populasi
- Menjelaskan perbedaan piramida makanan dan piramida energi
- Membuat contoh rantai makanan pada ekosistem sawah
- Membuat contoh jaring-jaring kehidupan pada ekosistem kolam
- Menentukan tingkatan trofik pada rantai makanan atau jaring-jaring makanan
- Menyebutkan contoh pola interaksi makhluk hidup
- Menjelaskan apa yang dimaksud dengan keseimbangan ekosistem
| | 6 x 40' | - Winarsih, A. 2008. IPA TERPADU : SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal : 291-305.
- Sugiyarto, T dan Ismawati, E. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal : 233-241.
- Wasis, dkk. 2008. Contextual Teaching and Learning Ilmu Pengetahuan Alam : Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah Kelas VII Edisi 4. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal : 244-270.
- Wasis dan Irianto, S.Y. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal : 215-228.
- Fajar, C., dkk. 2006. Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu dan Kontekstual untuk SMP/MTs Kelas VII. Surakarta : Mediatama. Hal : 207-212.
|
7.2 Mengindentifikasi kan pentingnya keanekaragaman makhluk hidup dalam pelestarian ekosistem
| Pentingnya Keanekaragaman Makhluk Hidup | - Mencari informasi melalui studi pustaka untuk mengetahui keanekaragaman makhluk hidup Indonesia
- Mendiskusikan faktor-faktor yang mempengaruhi keanekaragaman hayati
- Mendiskusikan pentingnya membudidayakan flora dan fauna langka
- Mendiskusikan usaha-usaha untuk melindungi keanekaragaman hayati
- Mengumpulkan tulisan-tulisan yang terkait dengan jenis, bentuk, dan manfaat tumbuhan, hewan langka yang dilindungi
| - Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi keanekaragaman hayati
- Menyebutkan 3 contoh makhluk hidup yang tergolong makhluk hidup langka di Indonesia
- Menjelaskan pentingnya membudidayakan flora dan fauna langka
- Menjelaskan 3 usaha untuk melindungi keanekaragaman hayati
| - Tugas terstruktur
- Tes tertulis : PG
| 4 X 40' | - Gambar flora dan fauna langka
- Sugiyarto, T dan Ismawati, E. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal : 242-244.
- Wasis, dkk. 2008. Contextual Teaching and Learning Ilmu Pengetahuan Alam : Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah Kelas VII Edisi 4. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal :279-305.
- Wasis dan Irianto, S.Y. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal : 228-230.
- Fajar, C., dkk. 2006. Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu dan Kontekstual untuk SMP/MTs Kelas VII. Surakarta : Mediatama. Hal : 215-219.
|
7.3 Memprediksi pengaruh kepadatan populasi manusia terhadap lingkungan
| Kepadatan Populasi Manusia terhadap Lingkungan | - Mendiskusikan manusia dalam lingkungan hidupnya
- Mendiskusikan tentang dinamika penduduk
- Mendiskusikan faktor-faktor yang mempengaruhi dinamika penduduk
- Mendiskusikan rumurs untuk menghitung angka kelahiran dan angka kematian
- Mendiskusikan migrasi penduduk dan faktor-faktor yang mendorong terjadinya migrasi
- Menggali informasi melalui studi pustaka untuk merumuskan konsep kepadatan penduduk
- Mengkaji hubungan kepadatan populasi manusia terhadap lingkungan
- Mendiskusikan tentang usaha mengatasi permasalahan akibat terjadinya kepadatan penduduk
| - Menjelaskan tentang dinamika penduduk
- Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi dinamika penduduk
- Menghitung angka kelahiran penduduk (natalitas)
- Menghitung angka kematian penduduk (mortalitas)
- Menjelaskan 4 jenis migrasi penduduk
- Menjelaskan faktor-faktor yang mendorong terjadinya migrasi penduduk
- Menghitung pertumbuhan penduduk
- Menghitung kepadatan penduduk
- Mejelaskan pengaruh meningkatnya populasi penduduk terhadap kerusakan lingkungan
- Menjelaskan usaha penurunan jumlah dan penyebaran penduduk
| - Tugas terstruktur
- Tes tertulis : PG
| 6 X 40' | - Winarsih, A. 2008. IPA TERPADU : SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal : 306-307.
- Sugiyarto, T dan Ismawati, E. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal : 244-245.
- Wasis, dkk. 2008. Contextual Teaching and Learning Ilmu Pengetahuan Alam : Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah Kelas VII Edisi 4. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal : 312-320.
- Wasis dan Irianto, S.Y. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal : 234-244.
- Fajar, C., dkk. 2006. Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu dan Kontekstual untuk SMP/MTs Kelas VII. Surakarta : Mediatama. Hal : 221-226.
|
7.4 Mengaplikasikan peran manusia dalam pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan
| Pengelolaan Lingkungan untuk Mengatasi Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan | - Studi pustaka untuk merumuskan konsep kerusakan lingkungan dan pencemaran
- Mendiskusikan tentang pencemaran udara dan akibat yang ditimbulkannya
- Mendiskusikan tentang pencemaran air dan akibat yang ditimbulkannya
- Mendiskusikan tentang pencemaran tanah dan akibat yang ditimbulkannya
- Merumuskan tingkat pencemaran dan kerusakan lingkungan hubungannya dengan derajat aktifitas manusia
- Mendiskusikan tentang usaha yang dapat dilakukan manusia untuk mengatasi pencemaran lingkungan
| - Menyebutkan 5 bahan pencemar udara
- Menjelaskan 3 akibat yang ditimbulkan dari pencemaran udara
- Menyebutkan 3 bahan pencemar air
- Menjelaskan 3 akibat yang ditimbulkan dari pencemaran air
- Menyebutkan 3 bahan pencemar tanah
- Menjelaskan 3 akibat yang ditimbulkan dari pencemaran tanah
- Menjelaskan 4 usaha yang dapat dilakukan manusia untuk mengatasi pencemaran
| - Tugas terstruktur
- Tes tertulis : PG
| 6 X 40' | - Gambar-gambar pencemaran lingkungan akibat ulah manusia
- Winarsih, A. 2008. IPA TERPADU : SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal : 307-317.
- Sugiyarto, T dan Ismawati, E. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal : 245-249.
- Wasis, dkk. 2008. Contextual Teaching and Learning Ilmu Pengetahuan Alam : Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah Kelas VII Edisi 4. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal : 322-325.
- Wasis dan Irianto, S.Y. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 : untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal : 244-250.
- Fajar, C., dkk. 2006. Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu dan Kontekstual untuk SMP/MTs Kelas VII. Surakarta : Mediatama. Hal : 229-234.
|
Mengetahui Arga Makmur, 4 April 2009
Ka.MTsN Karang Anyar Guru Mata Pelajaran IPA
Dedi Harlian, S.Pd. Eza Avlenda, S.Pd., M.Si.
NIP. 19720317 200212 1 002 NIP. 19790406 200312 2 002
Tidak ada komentar:
Posting Komentar